2 Plugin Ini Akan Buat Web WordPress Anda Menjadi Secepat Kilat

Last Updated on

Dibuka dengan judul yang menggemparkan “2 Plugin Ini Akan Buat Web WordPress Anda Secepat Kilat” hehe, sebelumnya mau klarifikasi secepat kilat diatas bermakna kiasan, jadi bukan sebenarnya. So, jangan misuh kalau nanti sudah install plugin ini web wordpress kamu tidak secepat kilat sebenarnya. 😛

Tapi saya bisa jamin web wordpress kamu bisa jadi jauh lebih cepat dari sebelumnya. 2 plugin ini sudah saya terapkan pada blog saya ini, dan terbukti ketika ditest di GTmetrix anda bisa lihat sendiri scorenya.

hasil test blog gegeriyadi.com di gtmetrix

Jadi, plugin apa yang dimaksud?

1. BJ Lazy Load

Plugin ini akan mengoptimalkan loading web anda dengan memprioritaskan loading web diawal selain gambar. BJ Lazy Load membuat beban situs Anda lebih cepat dan menghemat bandwidth. Plugin ini bekerja dengan menggantikan loading gambar maupun iframe dengan beban konten, gambar akan terload secara otomatis ketika pembaca laman men-scroll bagian yang terdapat gambarnya. plugin seo wordpress

BJ Lazy Load Plugin

2. W3 Total Cache

Plugin ini mungkin sudah tidak asing lagi. Plugin ini adalah plugin yang sangat istimewa. Plugin ini bekerja dengan memanage atau mengelola Cache pada sebuah laman berbasis wordpress. Dengan plugin ini kecepatan akses sebuah web bisa dipercepat, dengan cara meminimalkan proses load query dan mengkompres beberapa script yang ada pada web tersebut menjadi lebih kecil ukurannya dari sebelumnya, ini yang dapat membuat situs web anda bisa lebih cepat saat diakses.

Plugin ini juga didukung dengan pengintegrasian CDN (Content Delivery Network) kepada situs anda. Anda bisa daftarkan situs anda pada cloud gratis yang tersedia seperti ClouFlare dan mengatur settingannya dalam plugin ini.

w3 total chace plugin

Meskipun plugin ini akan sangat bermanfaat bagi anda, tetapi, dalam beberapa kasus plugin ini tidak dijinkan di install pada shared hosting karena akan menjadi beban pada pada server. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebelumnya pastikan web hosting anda menerima terinstall nya plugin ini.

Dua hosting ini mungkin bisa jadi alternatif: selama saya pakai dua hosting handal ini, iPage dan Hawkhost, beberapa web saya yang terinstall plugin ini didalamnya tidak pernah ada masalah.

Sekian sharingnya, semoga bermanfaat. Silakan di install 2 plugin ini dan rasakan sensasinya. Jangan lupa untuk cek di GTmetrix sebelum dan sesudah install plugin ini agar bisa lihat perbedaannya. Selamat mengoptimasi! 🙂

Baca juga: Cara Backup WordPress

7 thoughts on “2 Plugin Ini Akan Buat Web WordPress Anda Menjadi Secepat Kilat”

  1. Saya cek di gtmetrix.com ternyata hasilnya cukup mengecewakan, Insya Allah saya akan pasang salah satu plugin diatas
    Terima kasih atas infonya

  2. Untuk mengelola cache sebelumnya ane pake wp super cache sob.. meski udah disetting untuk otomatis terhapus jika expired, ternyata tidak sempurna. Efeknya jatah space ane di server habis.
    okeh bro, mau coba w3 total chace ini, makasih atas referensinya yak….

Leave a Comment