5 Tips Memilih Nama Domain Untuk Situs Anda

Last Updated on

Selama beberapa tahun terakhir saya fokus di dunia web development seringkali mendapati client yang bertanya “bagaimana tips memilih nama domain yang tepat?” untuk web mereka yang saya buatkan. Sepertinya hal ini penting untuk kita bahas secara menyeluruh, saya berharap dengan tulisan ini setidaknya membantu bagi anda yang juga sedang terjebak dalam kebingungan dalam memilih nama domain yang tepat.

pilih-yang-simpel-dan-pendek

1. Pilih nama domain sesimpel dan sependek mungkin agar mudah diingat

Ini seperti ketika anda memilih nama merek untuk produk yang kamu jual. Hindari pemilihan domain yang panjang dan berbelit belit terlebih susah dieja. Memilih nama domain baiknya yang simpel dan gampang dari segi pelafalannya agar mudah diingat siapa saja. Seperti saya membuat satu web yang menjual perlengkapan merchandise khusus di bidang pin/badge saya memilih domain cetakpin.com ini bermaksud ketika seseorang yang berkeinginan untuk memesan pin untuk kebutuhan event atau komunitasnya maka ketika ia mengetikkan di google dia akan mendapati cetakpin.com , dan ketika mereka sudah keluar dari situs saya tersebut jika suatu hari mereka butuh lagi mereka ingat dan tahu harus mengetikkan alamat apa di browser. “mau pesan pin? Ya di cetakpin.com”

cocokkan-domain-dengan-nama-brand

2. Cocokkan nama domain dengan brand kamu

Selain memilih nama domain yang simpel dan pendek agar mudah diingat anda juga harus memilih nama domain yang cocok dengan merek dari produk yang anda jual. Itu berarti ketika orang mencari situs web anda, mereka pertama kali mencoba untuk memasuki bisnis anda atau nama produk anda.

Beberapa orang benar-benar berpikir tentang ide untuk menggunakan beberapa nama generik seperti sepatu.com ini mungkin bisa jadi pilihan yang bagus, hanya saja ketika anda mencari domain domain tipikal tersebut biasanya sudah ada orang yang me-marking nama domain tersebut dan bermaksud menjualnya kepada yang butuh dengan harga yang sangat tinggi.

Alternatif lain anda bisa mengkombinasikan nama produk yang anda jual dengan nama brand anda. Misal anda menjual handuk dan nama brand handuk anda dalah clara, anda bisa memilih domain kombinasi tersebut yaitu handukclara.com atau anda menjual sandal dengan nama brand nita anda bisa memilih nama domain sandalnita.com

jangan-pilih-domain-yang-terdapat-keyword

3. Hindari pemilihan domain dengan kata kunci didalamnya

Ini yang sedang menjadi trend sekarang ini. Saya hanya sarankan jangan selalu mengikuti trend yang ada. Saya tahu maksud pemilihan domain dimana dalam domain tersebut terdapat kata kunci yang diincar adalah semata untuk keperluan optimasi search engine agar bisa masuk di halaman pertama google ketika orang mencari dengan kata kunci tersebut. Bagi saya ini tidak terlalu penting, karena kita masih bisa melakukan optimasi pada web kita yang tidak terdapat keyword didalam domain tersebut. Terlebih riset yang dilakukan seo metrics tingkat pengaruh suatu web yang domainnya terdapat kata kunci didalamnya tidak akan memberikan banyak pengaruh terhadap hasil pencarian pada 2013, adapun mereka (yang terdapat kata kunci didalam keyword) yang masih nangkring dihalaman pertama google tersebut karena tidak lain dari optimasi konten didalam web tersebut yang sudah teroptimasi dengan baik.

Saya yakin google sudah mengetahui hal ini sebagai satu trik agar suatu web bisa nangkring dihalaman pertama, dan kedepannya google mungkin bisa jadi mengambil tindakan terhadap web web yang demikian.

pilih-ekstensi-yang-tepat

4. com, net atau org?

Pemilihan TLD atau domain ektension sepenuhnya tergantung terhadap web apa yang kita buat tujuannya untuk apa. Perlu diketahui domain .com adalah fungsinya sebagai ekstensi situs-situs komersial, sedangkan .org sebagai ekstensi dari situs-situs organisasi atau bisa juga untuk komunitas.

Juga perlu dipertimbangkan apakah kita akan memakai domain internasional .com atau domain lokal? Dalam literasi lain yang saya baca, disarankan memilih domain lokal seperti .co.id atau web.id jika target visitor yang diharapkan adalah berasal dari lokal. Dan begitupun .com jika target visitor berasal dari internasional. Tetapi saya beranggapan memakai domain .com saat ini sudah menjadi idiom umum, adalah domain yang general bisa dipakai untuk apa saja dimana saja meskipun targetnya hanya lokal saja. Jadi menurut saya tak mengapa menggunakan domain .com sebagai prioritas dalam pencarian TLD domain.

jang-pilih-yang-sudah-punya-copyright

5. Jangan pilih yang sudah ada copyright atau hak cipta nya

Ketika anda memilih domain atau merek, baiknya sebelumnya anda perhatikan dulu apakah domain atau merek yang ada pilih sudah terdaftar sebagai merek orang lain atau belum. Karena jika anda memilih domain yang berkaitan dengan merek orang lain yang sudah terdaftar copyright nya ini bisa jadi musibah bagi anda dikemudian hari. Sewaktu-waktu jika merek yang terdaftar tersebut bisa menggugat anda ke meja hijau jika mereka merasa dirugikan.

Demikian uraian panjang kali lebar saya tentang tips memilih nama domain yang baik, semoga bermanfaat. 🙂

1 thought on “5 Tips Memilih Nama Domain Untuk Situs Anda”

Leave a Comment