5 Alasan Mengapa Saya Memilih WordPress

Mungkin banyak diantara kita yang memilih menggunakan wordpress sebagai platform website atau blognya, tapi sedikit diantara kita yang berfikir mengapa harus menggunakan wordpress? Artikel ini ditujukan untuk kalian yang baru ingin membuat website dan menggunakan CMS sebagai alternatif platformnya dan bingung CMS jenis apa yang harus dipilih. Mungkin penjabaran beberapa alasan saya memilih menggunakan wordpress bisa membuka jalan pikiran bagi anda yang bingung harus memilih apa.

Karena banyak dari teman-teman blogger (terutama dari wordpress.com) yang masih menanyakan terkait wordpress.com dengan wordpress.org, maka sebelumnya saya akan sedikit menerangkannya untuk anda. WordPress adalah sebuah platform software untuk blog. WordPress.org merupakan organisasi yang menyediakan anda instalasi download gratis CMS wordpress itu sendiri. Sedangkan wordpress.com merupakan entitas komersil dengan CMS wordpress yang siap digunakan.

Jadi sederhananya di wordpress.com anda hanya dapat membuat blog pada situs dan server yang telah disediakan wordpress.com sendiri, anda akan mendapatkan subdomain urlblog.wordpress.com pada saat pertama kali mendaftar atau bisa menggunakan domain sendiri dengan opsi upgrade ke paket premium dan itu berbayar. Dan wordpress.com pada versi gratisnya tidak memperkenankan anda menjadikan blog anda sebagai media komersial, seperti menjadikan tempat jualan/ online shop, memasang iklan, atau yang lainnya segala sesuatu yang mendatangkan uang.

Sedangkan pada wordpress.org sendiri anda bebas mendownloadnya dari situsnya, software CMS wordpress yang bisa di install di server host yang bebas anda pilih. anda bebas memasang iklan pada situs anda ataupun menjadikannya online shop dengan cms wordpress.

alasan-menggunakan wordpress

Sudah paham perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org? Sekarang mari kita simak 5 alasan mengapa saya memilih wordpress sebagai platform cms yang saya gunakan pada setiap web atau blog yang saya buat.

WordPress itu Open Source

Inilah satu yang membuat wordpress berkembang pesat, open source. Dengan fitur dan fungsional yang terbilang komplit seperti post, komentar, installasi yang mudah, gallery, kotak spam, plugin dan banyak lagi. Dengan dijadikannya open source maka memungkinkan banyak pengembang diluar sana yang ikut andil, sehingga jika ada semacam bug yang membuat ancaman kedalam system cms wordpress maka mereka akan menutup itu secepat mungkin. Perlu dimengerti, open source tidak sama dengan gratis, ada yang harus tetap anda bayar jika ingin menginstall wordpress disebuah server, anda harus menyewa server hosting dan juga domain.

Content Management System Yang Handal

content-management-system-570x282

CMS (content management system) membantu anda dengan membuat atau menambahkan konten halaman dengan mudah. Anda dapat dengan mudah menambahkan konten berupa teks, gambar, status bahkan produk kapanpun yang anda inginkan, hanya dengan langkah yang sederhana.

WordPress Mudah Digunakan

easy-to-use-wordpress-570x380

Siapapun pasti setuju, diawal saya dan beberapa teman saya yang baru mencoba memakai wordpress sepakat mengatakan kalau wordpress itu mudah digunakan. Saya yakin bagi siapa saja yang baru belajar menggunakan wordpress tidak lebih dari satu jam dia pasti sudah bisa menggunakan untuk sekedar mengedit atau menambahkan konten kedalamnya. Mengoperasikan wordpress tidak lebih rumit dari mengoperasikan microsoft word. Dengan wordpress memungkinkan anda membuat satu halaman konten lengkap dengan widget dengan hanya melakukan beberapa klik saja.

WordPress itu SEO Friendly

search-engine-optimization-570x487

Jika anda pemain SEO anda pasti sepakat dengan saya. Ya, wordpress itu SEO friendly. Buktinya saja ketika anda mengetikkan satu dua keyword di mesin pencari pasti menemukan satu dua atau lebih web yang menggunakan wordpress di urutan-urutan teratas. WordPress diciptakan dengan struktur yang memudahkan mesin pencari membaca halaman web anda.

Banyak Plugin Tersedia

wordpress-extended-plugins-570x408

Ini juga satu yang membuat saya terus bertahan menggunakan wordpress. Dengan plugin tambahan dengan fungsi tambahannya masing masing sesuai keinginan anda, anda hanya perlu mencarinya di bagian search plugin wordpress.org anda hanya perlu mencari yang anda perlukan, anda akan mendapatkan beragam pilihan yang anda inginkan. Dan satu lagi yang pasti kalian suka, banyak plugin yang disediakan secara cuma-cuma alias GRATIS.

Yup, demikian 5 alasan mengapa saya memilih wordpress. Semoga bermanfaat. 🙂

13 thoughts on “5 Alasan Mengapa Saya Memilih WordPress

  1. Jujur saya juga senang menggunakan wordpress sebagai platfrom website tp terkadang beberapa provider hosting suka seenaknya suspend website kita karena penggunaan plugin yg katanya berlebihan, makanya harus2 pintar juga mencari provider hosting yg support dengan wordpress.

    • Kita juga harus rajin backup, biar jika sewaktu-waktu kena suspend kita sudah ada backupnya lalu bisa pindah ke hosting yg lebih bersahabat

  2. menggunakan wordpress [dot] org memang enak, kita bisa utak-atik blog kita secara bebas sesuka kita, juga postingan yg kita tulis itu milik kita sendiri

    • Wah, suatu kehormatan kawan lama berkenan mampir di gubug reot ini. 😀 apa kabar sob? btw keren juga blognya, top! mari migrasi ke wp.. banyak keuntungannya 🙂

  3. saya juga barusan pindah dari blogger ke wordpress.org mas, alasannya karena blog saya di blogger dihapus sama mbah google tanpa alasan, padahal blog tersebut saya bangun dari tahun 2009 dan 2011 mulai menggunakan domain TLD, content/postingan original dan bahkan tak sedikit budget yang saya keluarkan demi membeli sebuah content berkualitas mengingat blognya bule, sebelum blog saya tersebut dihapus ada pemberitahuan kalau akun google adsense saya juga dibanned, ehh gak taunya malah lanjut blog saya ikutan dihapus sama si empu.
    banyak temen2 dari dulu menyarankan secepatnya migrasi ke wordpress self-host karena google akan extra mengawasi blog dengan traffic tinggi.
    ampun deh sekarang pakai blogger.com, sayang banget artikel saya yang udah ratusan dan masih terindex ilang begitu aja.
    terpaksa deh sekarang bikin blog baru dengan niche berbeda

Leave a Comment