Belajar Bisnis Online Mulai dari Titik Nol

Last Updated on

belajar-sukses-semua-ada-ilmunya

Ketika mendengar kata bisnis online, yang terlintas dipikiran saya (waktu dulu) hanyalah adsense dan affiliasi. Tetapi ketika terjun langsung di dunia ini saya sadar betul bahwa bisnis online itu sangat luas, tidak hanya sekedar itu.

Om Gm. Susanto dalam webnya kaya dari bisnis internet menyebut ada 6 jenis bisnis online yang banyak ditekuni saat ini, antara lain: 1. Forex and trading, 2. Menjual produk informasi (ebook), 3. Program affiliasi marketing, 4. Google Adsense, 5. Multi level marketing, 6. Toko online.

Lantas, jika anda bertanya jenis bisnis online apa yang saya pilih saya akan menjawab toko online sebagai pilihan bisnis saya, saat ini dan dalam jangka waktu kedepan saya membangun satu atau lebih toko online yang dari situ harapan saya bisa menempa diri saya sebagai seorang entrepreneur sejati kedepannya, #tsaah semogaa…

Tips bagi anda yang juga baru terjun di dunia bisnis online:

Tips pertama, banyak-banyak belajar.

Ini yang terpenting. Seperti sekolah, tanpa belajar anda akan tampak bodoh. Semua yang ada di alam ini, semua jenis aktifitas apapun, semua perjalanan sukses pengusaha besar dimanapun pasti ada ilmunya, dan semua ilmu pasti bisa dipelajari. Maka mulailah untuk mencari sumber yang tepat sebagai media pembelajaran anda. Cari situs-situs yang relevan, masuki grup-grup facebook yang berkaitan dengan apa yang anda pelajari, dekati para “mastah” dan cari tahu bagaimana mereka melakukannya, jika perlu anda membayar, jangan sungkan untuk mengeluarkan uang, anggap itu sebagai investasi masa depan anda. Ikuti kopdar, gathering bisnis online, seminar ataupun workshop yang membahas tentang “daging” dari pembelajaran bisnis online, yakin itu semua adalah langkah yang akan menuntun kita kejalan kesuksesan. insyaallah.

Semua yang ada di alam ini, semua jenis aktifitas apapun, semua perjalanan sukses pengusaha besar dimanapun pasti ada ilmunya, dan semua ilmu pasti bisa dipelajari. Maka mulailah untuk mencari sumber yang tepat sebagai media pembelajaran anda.

Tips kedua, kuatkan mental.

Kenapa mental yang harus dikuatkan? Karena kebanyakan pebisnis online biasanya adalah mereka yang tidak berpenghasilan tetap (tapi tetap berpenghasilan), padahal pebisnis online dengan karyawan dari sebuah perusahaan pada dasarnya mereka sama-sama kerja, tapi terkadang seorang pebisnis online terlihat “tidak bekerja” bahkan seringkali dicap pengangguran oleh keluarga, bahkan tetangga sekitar. Saya pun sempat tertekan ketika keluarga berulangkali menyuruh saya mencari pekerjaan lain, karena prinsip saya yang tidak ingin menjadi buruh di negeri sendiri saya tetap teguh dengan pendirian saya. Karena itu penting rasanya mental saya kuatkan.

Tetapi jika anda seorang pebisnis online baru yang memulai ketika anda sudah bekerja diperusahaan orang, anda harus memulai dengan belajar bagaimana memanage waktu. Karena sudah pasti waktu anda akan sangat terkuras, memikirkan pekerjaan kantor sekaligus mengurusi bisnis online. Jika anda adalah seseorang yang sudah punya pekerjaan tetap sebelumnya, jangan terlalu terburu-buru untuk meninggalkan pekerjaan anda (resign) sebelum bisnis online anda stable yang membuat yakin anda bisa hidup tanpa pendapatan yg biasanya anda terima setiap bulannya.

Mungkin itu saja ya, semangat berkarya disenin pagi yang cerah ini

Semoga bermanfaat…

Leave a Comment