Google Pastikan HTTPS Sebagai Salah Satu Pendongkrak SERP

Last updated on

Dalam sebuah rilis yang dikeluarkan pada bulan agustus lalu, Google menyatakan komitmennya untuk membuat user merasa lebih aman dalam berselancar dari satu web ke web lainnya pada jaringan internet. Security atau Keamanan menjadi hal yang diprioritaskan bagi Google, untuk itu dalam menyediakan layanannya seperti Pencarian, Gmail, Drive semua dapat terhubung otomatis ke Google dengan aman.

Tidak hanya untuk produk miliknya sendiri, selain itu, Google juga berupaya untuk membuat layanan internet menjadi lebih aman secara umumnya. Contoh kecilnya adalah memastikan situs web yang diakses setiap orang melalui Google adalah situs yang aman.

Setelah beberapa bulan lamanya kami (Google) melakukan testing dan mempertimbangkan apakah sebuah web yang menggunakan sambungan aman terenkripsi (HTTPS) bisa menjadi bagian dari sinyal dalam algoritma peringkat dalam mensin telusur kami.

Hasilnya kami mendapat dampak positif, sehingga kami memastikan penggunaan HTTPS sebagai salah satu sinyal penentu peringkat. Untuk saat ini, kami baru memberikan point yang sangat kecil, kurang dari 1% berpengaruh pada queri global, dan tidak memiliki bobot sinyal lain seperti halnya konten kualitas tinggi, hal ini guna memberikan kesempatan kepada para webmaster untuk beralih ke HTTPS. Namun seiring berjalannya waktu, kami dapat sewaktu-waktu memberikan sinyal yang kuat/point yang lebih tinggi, karena kami mendorong orang-orang untuk segera beralih dari HTTP ke HTTPS semua ini semata-mata untuk menjaga semua orang tetap aman di web.

Diatas dijelaskan walaupun point sinyal nya masih kecil (kurang dari 1%) tetapi google memastikan saat ini memberi kesempatan kepada para pemilik web untuk segera beralih ke HTTPS dan kedepan sewaktu-waktu Google akan memberikan sinyal yang kuat/lebih dari sebelumnya. Maka dari itu direkomendasikan sedini mungkin untuk kita segera beralih dari HTTP ke HTTPS.

Mari kita semua membuat web jadi lebih aman!