Berkenalan Dengan Googlebot: Mengetahui Kapan Googlebot Datang Merayapi Web Anda

Last updated on

Siang kemarin saya jalan-jalan ke forum ads.id, berniat mencari ilmu guna menambah pemahaman seo saya, saya cari thread-thread baru yang kira-kira bagus pembahasannya. Dan, ketemu satu thread sharing di sub forum berbagi pengalaman yang menarik untuk disimak. Thread yang di tulis pada 7 Juli 2015 tersebut telah mendapat reply sebanyak 181 an, dan view sekitar 18 ribuan. Termasuk salah satu berbintang 5 diantara yang lainnya.

Judul threadnya seperti ini:
Masih Bingung Cara Dapetin \$10+ per day? Beginner Guide dalam 45 Hari!

postingan di ads id

Thread tersebut membahas cara basic membangun money site baik itu untuk adsense maupun toko online dengan cara seo yang newbie friendly.

Ada satu yang menarik saya bahas disini dan saya baru dengar, User forum dengan id tanpa nama tersebut menulis pada point cara melakukan posting satu yang penting sebagai berikut:

Setelah agan install WP dan melakukan seting plugin dll tak lupa stats counter, cek dulu deh kapan Bot google/SE lain mendatangi blog agan, Penting sekali krn banyak blogger tidak memperhatikan masalah ini

Misal Jika Bot google Merayapi blog anda untuk pertama kali di jam 12:00 pastikan agan melakukan posting/publish content sebelum/tidak lebih dari 1 menit dari bot google ( pastikan juga tgl/jam postingan agan tampil di author box )

Nah dari situ saya jadi penasaran dan kepengen tahu kapan sih googlebot datang, dan apakah pengaruhnya posting sesudah dan sebelumnya? Mari kita bahas 😀

Tentang googlebot

Pada laman resminya google menjelaskan tentang googlebot:

Googlebot is Google’s web crawling bot (sometimes also called a “spider”). Crawling is the process by which Googlebot discovers new and updated pages to be added to the Google index.

Kira-kira terjemahannya seperti ini: Googlebot merupakan bot perayapan web milik Google (kadang-kadang juga disebut “spider”). Perayapan merupakan proses Googlebot dalam menemukan halaman situs/web baru dan terbarui untuk diindeks ke dalam google search result.

Cara google mengetahui web kita adalah dengan mengirimkan bot miliknya untuk ditugaskan merayapi setiap laman dari web kita, dan memasukannya kedalam indeks google, untuk nantinya ditampilkan kedalam google search result.

Tapi wajibkah kah kita harus tahu kapan google bot datang? Untuk nantinya menjadi acuan kita setiap kita akan posting, menyesuaikan jadwal kedatangan googlebot ke halaman web kita. Saya juga belum yakin tapi menarik untuk kita cari tahu.

Cara tahu kapan googlebot datang

Setelah saya utak-atik semua stats, dari stats milik jetpack sampai histats. Saya menemukan satu stats yang benar-benar mencatat kedatangan google dari tanggal sampai jam dan menitnya. Yaitu AWStats yang ada di log didalam cPanel.

Pertama-tama buka cPanel, lalu cari dan Klik AWStats

cari dan klik awstats di cpanel

Cari bagian spider, di bagian sidebar kiri

klik robot spider visitor di sidebar

Atau kamu juga bisa langsung scroll ke bawah untuk mencari bagian robot spider.

Dan selanjutnya kamu akan mendapati seperti ini tampilannya

googlebot last visit

Disana tercatat beberapa jenis spider yang mampir ke web kita, termasuk googlebot. Juga mencatat kapan tanggal, jam dan menitnya ketika terakhir dia datang.

Catat waktu-waktunya

catat kapan googlebot datang

Tabel diatas saya buat diexcel berisi beberapa web saya yg saya catat waktu-waktunya googlebot datang. Dalam sebulan kedepan saya akan coba catat kedatangan googlebot dan menganalisa apakah dengan memperhatikan kedatangannya setiap kita akan posting juga akan berpengaruh dengan hasil pengindeksan laman web kita. Jika sudah ada hasilnya nanti akan saya update postingan ini. Let’s see