Tutorial WordPress: Cara Buat Multisite Dengan Subdomain

Last updated on

Pada postingan kali ini saya akan menerangkan bagaimana cara membuat wordpress multisite dengan subdomain. Sebelumnya sudah paham dengan apa yang dimaksud WordPress Multi Site? Jadi wordpress multisite itu adalah membuat banyak website dengan satu dashboard, satu domain, dibedakan masing-masing web dengan sub domain nya.

Memang apa perlunya multisite, buat banyak web di satu domain? banyak hal, untuk keperluan seo adalah untuk menjaga domain utama dari niche yang kita prioritaskan, ini berkaitan dengan authority site. Jadi, kalau kita mau bahas yang lain diluar niche pada domain utama kita, kita bisa pakai web berbeda dengan sub domain dari domain utama kita.

Contoh: misal web kompasiana.com (ini non wordpress) dia punya multisite dengan subdomain yang masing-masing subdomainnya punya niche yang berbeda beda, ada teknologi.kompasiana.com ada kesehatan.kompasiana.com dan lainnya.

5 Langkah mudah setup WordPress Multisite

Untuk membuat web wordpress anda menjadi multisite di banyak subdomain, anda hanya perlu melakukan 4 langkah ini, simple dan mudah tentunya. Anda hanya perlu waktu sekitar 5 menit untuk melakukan 4 langkah instalasi dibawah ini:

1. Backup wp-config.php dan .htacces

Backup kedua file ini penting, wp-congfig.php dan .htacces, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ada kerusakan pada wordpress anda maka anda hanya perlu mengganti kedua file ini saja dengan file original yang anda backup.

2. Aktifkan Multisite Mode

Untuk mengaktifkan mode ini anda harus menuju file wp-config wordpress anda. Masuk wpconfig.php cari kalimat dibawah ini:

/* That's all, stop editing! Happy blogging. */

Lalu masukkan kode ini diatasnya

define('WP_ALLOW_MULTISITE', true);

setelah itu simpan wp-config.php maka penampakannya seperti ini

script aktifkan mode wordpress multisite

3. Instalasi Network WordPress Multisite

Lalu langkah selanjutnya setelah anda memasukkan kode diatas silakan refresh wordpress anda maka akan muncul panel network setup pada dashboard wordpress anda.

2-network-setup-wordpress-multisite

Setelah itu lakukan setting, pilih sub-domains atau sub-directories, lalu isi nama network dan email administratornya setelah itu klik install.

3-pilih-sub-direktori-atau-sub-domain-wordpress-multisite

4. Replace wpconfig dan .htaccess

Lalu setelah klik install akan muncul apa yang harus kamu masukkan/ganti script yang ada di wp-config.php dan file .htaccess (ingat, pastikan sudah anda backup sebelumnya).

5-edit-wp-config-wordpress-multisite

Copy semua code diatas ke wp-config,php yang ada di cpanel kamu.

5-edit-htaccess-wordpress-multisite

Copy code diatas di .htaccess yang ada di cpanel kamu.

5-login-again-wordpress-multisite

Jika sudah semua, klik Log in maka kamu akan diarahkan kehalaman wp-login untuk melakukan login ulang.

5. DNS Wilcard (Jika kamu tadi pilih sub-domains)

Jika kamu tadi memilih sub-domains saat setup network maka kamu harus melakukan setup DNS wilcard untuk sub domain anda agar sub-domain yang kamu set bisa berjalan dengan baik.

4-dns-wilcard-wordpress-multisite

Yang kamu lakukan hanya perlu ke cpanel, klik bagian subdomain, lalu isikan tanda bintang “*” dan arahkan document root nya ke tempat dimana file wordpress kamu berada. Jika sudah klik create.

Sampai sini Anda bisa membuat web baru pada subdomain baru pada settingan dinetwork admin dengan memasukkan domain yang diinginkan.

situs-tidak-dijangkau

Jika saat membuka web multisite baru anda yang baru dibuat terjadi eror seperti ini jangan panik, ini hal yang wajar, terkadang memang butuh waktu untuk penyesuaian, biarkan saja dahulu dan kembalilah beberapa jam kemudian sampai webnya bisa dibuka normal.

Demikian tutorial Cara Buat WordPress Multisite Dengan Sub Domian, Semoga Bermanfaat. Seperti biasa jika ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan pesan dikolom komentar. Salam 🙂

Tags: cara buat wordpress multisite, tutorial wordpress multisite, cara mudah buat wordpress multisite, wordpress multisite dengan subdomain, setting wordpress multisite