Cara Menggunakan PuTTY, Panduan Simpel untuk Pemula!

Postingan ini menjelaskan cara menggunakan PuTTY, ditulis dengan pembahasan yang mudah dipahami untuk pemula.

Sekilas tentang PuTTY

PuTTY adalah sebuah aplikasi open-source memanfaatkan protokol jaringan seperti SSH dan Telnet. PuTTY memanfaatkan protokol tersebut untuk mengaktifkan sesi remote pada komputer.

Icon PuTTY
Icon PuTTY

Ini adalah tools yang kebanyakan dipakai oleh para pemilik server untuk berkomunikasi dengan servernya menggunakan command teks guna menjalankan perintah tertentu.

PuTTY is an SSH and telnet client, developed originally by Simon Tatham for the Windows platform. PuTTY is open source software that is available with source code and is developed and supported by a group of volunteers.
– www.putty.org

Tujuan utama dari PuTTY adalah menjadi aplikasi multi-platform yang mampu mengeksekusi dalam sebuah sistem operasi. Hal ini juga disebut terminal xterm.

Jendela utama dari PuTTY memiliki sesi yang berjalan pada komputer remote dan dan dapat mengirim perintah langsung ke komputer remote.

PuTTY memberikan beberapa keuntungan yang berbeda, terutama ketika bekerja dari jarak jauh. Hal ini dirasa lebih memudahkan untuk mengkonfigurasi.

Yang dibutuhkan sebelum menjalankan PuTTY

Sebelum memulai menjalankan PuTTY kamu harus siapkan:

  • Server atau Virtual Private Server
  • Putty.exe
  • SSh login credential (user n password).
  • Setidaknya sudah paham cara konek SSH ke server yang kamu miliki.

Cara Menggunakan PuTTY

Dibawah ini dijelaskan step by step cara menggunakan putty:

1. Download PuTTY disini atau dari sumber lain yang terpercaya.

2. Pindahkan putty.exe yang sudah didownload tadi ke folder C:\Windows

3. Buat shortcut ke dekstop untuk memudahkan menjalankan PuTTY nantinya: pertama buka explorer ke C:\Windows lalu klik kanan di putty.exe dan select send to dekstop.

putty send to dekstop

4. Double klik putty.exe atau PuTTY yang ada di dekstop tadi.

tampilan putty

5. Setting koneksi.

  • Hostname: ip address
  • Port: 22
  • Connection type: SSH

isi hostname n port dan ssh

6. Klik open untuk memulai sesi SSH.

klik open untuk memulai

7. Jika pertama kali melakukan login ke server lewat PuTTY kamu akan mendapati notifikasi berikut ini. Klik Yes untuk melanjutkan.

putty security alert klik yes

8. Jika sudah masuk di awal koneksi SSH terminal akan menanyakan username. Masukkan username SSH nya.

login as putty

9. Selanjutnya masukkan password, ketika mengetikan password tidak muncul karakter apapun jangan panik, tidak ada yang salah, memang seperti itu prosesnya. Ketik enter. (Tips: banyak yang menanyakan cara copy paste password ke putty, cukup Ctrl+C teks yang ingin di copy diluar PuTTY, lalu klik kanan untuk paste di PuTTY)

berhasil login ssh

10. Ketika user n password SSH nya sesuai kamu berhasil masuk ke server melalui SSH.

Selanjutnya kamu sudah diperbolehkan mengetikkan command untuk menjalankan perintah ke server.

Rekomendasi lain selain PuTTY

Ada banyak program SSH client lain yang fungsinya sama seperti PuTTY, contohnya: Cygwin, TTSSH, mRemoteNG, Bitvise (Tunnelier), Xshell 5, MobaXterm.

mobaxterm alternatif putty

Terakhir yang sering saya pakai sekarang ini MobaXterm sebagai alternatif PuTTY karena tampilannya yang lebih user friendly, yang tentunya kamu juga bisa coba.

Penutup

Demikian penjelasan cara menggunakan PuTTY semoga bisa dipahami. Selanjutnya nanti kedepan saya akan membuat banyak tutorial installasi server untuk keperluan mebuild web wordpress, install vpn, install LEMP server dan banyak lainnya. So stay tune aja ya. 🙂 Semoga bermanfaat!

Referensi:

3 thoughts on “Cara Menggunakan PuTTY, Panduan Simpel untuk Pemula!

    • kalau buat coding lebih asik lagi pake git bash, sekarang sy jarang gunakan putty, lebih sering pakai git bash utk di windows.

Leave a Comment