Google Medic Update: Update Algoritma Google Agustus 2018

Last Updated on

Lewat tweetnya Google mengkonfirmasi adanya update di algoritma utama pada mesin pencarinya, update ini dinamakan Medic Update.

tweet google about medic update
tweet google about medic update

Sekilas Medic Update

Banyak postingan-postingan dari Komunitas SEO yang menyatakan bahwa web web milik mereka merasakan dampak terhadap update terbaru ini. Merasakan dinamika traffik yang terjun bebas hingga sampai 50% lebih. Ada juga yang dengan adanya update ini mereka merasakan peningkatan traffik.

Medic Update, sesuai namanya berdasarkan pantauan tools canggih dari beberapa penyedia tools seo service update ini fokus menyasar situs-situs kesehatan, medis dan situs-situs berjenis YMYL.

Barry Schwartz dalam situsnya melakukan riset terhadap 300 website di beragam niche. Hasilnya diketahui pada diagram dibawah, web ber niche Health / Kesehatan adalah web yang paling banyak terkena dampak update ini.

google medic update pie cart
google medic update pie cart

Google menyatakan update ini merupakan bagian dari “core algorithm update” dimana ini akan banyak kita jumpai “beberapa kali dalam setahun”. Artinya akan ada banyak update lagi kedepannya, update algoritma google tidak akan berhenti sampai disini.

YMYL = Your Money or Your Life

Diatas disebutkan, selain menyasar situs-situs kesehatan, update google terbaru ini juga menyasar situs berjenis YMYL. Lalu apakah itu yang dimaksud situs YMYL?

your money or your life
your money or your life, image from semrush

YMLYL adalah jenis-jenis website yang fokus pada money and life events, pada search quality evaluator guidelines Google mengkategorikan beberapa kriteria situs yang disebut YMYL antara lain:

  • Web Shopping atau Web yang ada transaksi finansial didalamnya: user melakukan pembelian, mentransfer uang, membayar tagihan secara online, dst.
  • Halaman yang terdapat hal mengenai informasi keuangan: halaman website yang menyertakan saran atau informasi tentang investasi, pajak, rencana pensiun, pembelian rumah, pembiayan kuliah, pembelian asuransi, dst.
  • Halaman yang terdapat hal mengenai informasi kesehatan: halaman website yang menyertakan saran atau informasi tentang kesehatan, obat-obatan, penyakit spesifik, kesehatan mental, nutrisi, diet, dst.
  • Halaman berita atau informasi public: halaman yang berisi informasi tentang berita lokal, pemerintahan, polisi, dan hukum. Program pemerintahan dan jasa sosial. Berita tentang event internasional, bisnis, politik, science, dan tekhnologi, dst.

Jika situs anda terkena imbas, apa yg harus dilakukan?

theres no fix for medic update tweet
theres no fix for medic update tweet

Seperti apa yang Google katakan diatas bahwa tidak ada yang harus dilakukan jika web anda terkena dampak, “there’s no fix” tidak ada langkah perbaikan.

Tentu pernyataan tersebut tidaklah membantu, tetapi Google menyarankan kepada web web yang terkena imbas untuk terus meningkatkan kualitas website nya, buat content yang lebih bagus, buat user experience yang lebih menarik dari sebelumnya, di update berikutnya mungkin web anda bisa mendapatkan ranking yang lebih baik lagi.

5 thoughts on “Google Medic Update: Update Algoritma Google Agustus 2018”

  1. Waduh, padahal lagi mo buat situs tentang medika web shoping!
    BTW memang yg satu ini akan menjadi saran abadi “buat content yang lebih bagus, buat user experience yang lebih menarik dari sebelumnya” untuk kualitas yg lebih baik. Makasih infornya

  2. Baru tahu mengenai hal ini. Dampak positif nya akan memacu kita umumnya dan saya pribadi khususnya untuk lebih meningkatkan kualitas dari website kita. Terima kasih pak Riyadi..

Leave a Comment