Sudahkah Web Bisnis Anda Mobile Friendly?

Last Updated on

pic jurnalweb.com
pic jurnalweb.com

Algoritma Mobilegeddon

Pada 21 April 2015 lalu Google resmi meluncurkan algoritma terbaru yang bernama “mobilegeddon”. Dampak utama dari pembaharuan algoritma ini adalah pencarian menggunakan mobile akan mungkin bisa jauh berbeda dengan hasil pencarian meggunakan dekstop.

Baca juga:

Menurut riset yang dilakukan marketingland, hanya 11,8% dari 100 situs yang responsif. Ini salah satu alasan Google melakukan pendekatan perubahan kepada para pemilik situs dengan sedikit “memaksa” pemilik situs untuk mejadikan situs-situnya mobile-friendly. Google menyadari ini, lebih dari 50% pencarian datang dari ranah mobile, dan 57% pengguna mobile tidak akan merekomendasikan web yang tidak mobile-friendly, Google mengembangkan algoritma ini semata-mata demi menfasilitasi user.

Ini bukan bentuk hukuman atau penalty seperti algoritma sebelumnya (panda dan penguin). Tetapi merupakan dorongan kepada para pemilik situs untuk meningkatkan user experiencenya dengan mengoptimalkan websitenya dari segi mobile-fiendly.

Perlu anda ketahui update ini tidak berpengaruh pada pencarian di dekstop dan tablet. Update ini hanya berpengaruh pada mencarian di mobile. Ya, tapi bagaimanapun itu kitapun mengakui bahwa visitor yang datang ke web kita melalui mobile juga sama besarnya dengan yang datang melalui dekstop, malah bisa lebih besar. Ini bisa jadi ancaman berkurangnya jumlah visitor yang datang dari mobile.

Saran

Jika web anda hari ini sudah mobile-friendly, berbahagialah, bila ada peningkatan visitor hari ini mungkin itu adalah dampak dari update ini. Jika web anda tidak mobile-friendly dan tidak merasakan dampak apa-apa, jangan merasa santai dahulu, Google pun menyatakan bahwa Algoritma ini masih dalam tahap pengembangan. Segeralah lakukan perubahan. Jika anda tidak punya banyak watu anda bisa mencari theme-theme yang responsive di marketplace theme premium seperti Themeforest, theme berbasis Genesis Framework dan lainnya.

Tidak yakin web anda mobile-friendly? Coba cek disini tools yang disediakan Google untuk mengecek web anda mobile-friendly atau tidak.

Leave a Comment