Kopdar Perdana Online Marketers Depok

Last Updated on

kopdar-perdana-online-marketers-depok

Haha, akhirnya Depok punya juga komunitas Internet Marketing. Online Marketers Depok namanya, disingkat dan disebut OMD! (persis logat ketika kita menyebut OMG!) komunitas OMD ini berawal dari selentingan para punggawa-punggawa Internet Marketing Depok, khususnya mastah Maula dan Shandy. Ketika mereka berbicara ingin sekali punya komunitas internet marketer di depok, yasudahlah tanpa banyak cingcong kami membentuk sebuah grup yang dimana isinya orang-orang depok yang kurang lebih berkecimpung didunia internet marketing hanya saja selama ini mereka tidak nampak dipermukaan, apa karena orang depok yang sifatnya low profile mungkin :p

Di grup tersebut kami bermimpi bisa berkumpul bersama didunia nyata, saling sharing dan belajar[‘bareng tentang Internet Marketing. Akhirnya ide pertama tersebut muncul dari maula, dia menargetkan awal maret diadakan perdana kopdar OMD, lengkap materi yang diisi oleh beberapa praktisi IM. Dan terengggg, akhirnya acara ini bisa terwujud.. banner yang pertama kali dipajang di facebook akun maula terintegrasi dengan ticketing software dari web app eventbrite langsung ludes dalam hitungan waktu 30 menit. Kita baru sadar ternyata warga depok sangat antusias terhadap event-event seperti ini, apalagi gratis :p walau ternyata pas hari H banyak yang cancel tidak hadir, tetapi banyaknya pengunjung tak terduga membuat ruangan cukup penuh sesak.

Sabtu 1 maret 2014, pagi yang indah diwilayah depok dan sekitarnya. Mendekati jam 09.00 WIB peserta sudah mulai berdatangan. Bingung kenapa sepi diawal acara padahal ticket yang disediakan udah ludes, ternyata pertanyaan ini terjawab oleh kedatangan peserta yang semakin ramai hingga pukul 10-11, ternyata kebanyakan dari peserta baru pertama kali hadir di tempat acara bernama code margonda ini, karena itu mereka kebanyakan tidak tahu tempatnya hingga berujung nyasar. Hingga menjelang siang kursi-kursi diruangan acara semakin penuh terisi.

Materi pertama dibuka oleh Pak Risman Adnan. Beliau yang menjabat sebagai Developer and Platform Director dari Microsoft menuturkan mindset apa-apa yang dibutuhkan sebagai fundamental bisnis dalam membangun startups. Bagaimana seorang founder seharusnya, bagaimana memilih partner, dan step apa saja yang seharusnya startup lakukan agar menjadi startup yang berkembang baik. Dari materi pertama tersebut saya belajar 4 point penting dalam membangun startups: 1. Get the right founder, 2. Design the profit before the product, 3. Jangan terlalu cepet get interest, 4. Entrepreneurship is a journey bukan tujuan.

Di materi kedua, diisi oleh om Cesar Rohedi dengan tema How to Measure The Business Online. Diawal materi nya bung cesar menjelaskan runut bagaimana menghitung apa saja yang mesti dikeluarkan dalam bisnis online, dari menghitung budget iklan sampai menghitung profit, ini berguna agar kita mengestimasi besaran berapa yang harus diperhitungkan untuk perkembangan dari bisnis online yang kita lakukan. Berikutnya materi lebih diisi dengan sesi sharing, terlihat seolah om cesar ini jadi malah curhat, dia cerita bagaimana memulai bisnisnya, bisnis rentalnya misalnya dari gak punya mobil jadi punya mobil 9 dan lainnya. Satu point yang saya dapat dimaterinya yaitu: Gak usah ribet mikirin apa yang harus dibisniskan, berpikir simple aja apa yang dibutuhkan, semua bisa dibisniskan. Ohya om cesar ini sebelumnya sudah pernah saya ceritakan di Gathering Bisnis Online Klub SEO OOT di Jakarta Timur.

Selanjutnya ada mastah Iqbal Maulana yang membawakan materi tentang Facebook Marketing for Newbie. Di sesi ini peserta kelihatan antusias sekali menyimak, mungkin karena merasa ini cara paling mudah untuk berjualan, ya berjualan di facebook. Mastah Iqbal menjelaskan banyak trik yang bisa dilakukan dalam berjualan melalui media Facebook, inipun bisa dilakukan oleh seorang newbie sekalipun. Banyak tips and trick yang dibeberkan, mulai dari tips Fanpage terlihat Pro, trick dengan akun klonengan, trick add friend tertarget dengan graph explorer, tips mendapatkan supplier product dari marketplace seperti tokopedia.com. Yups, ini jadi materi penutup yang asik. Sampe rumah nanti kita bisa langsung action, buka facebook dan langsung jualana..hihi

Singkat cerita acarapun bubar, alhamdulillah peserta terlihat senang. Next insyaallah akan ada kopdar seperti ini setiap bulannya. Eh siapa bilang acara sudah berakhir, acara belum benar-benar bubar sepenuhnya, walau peserta kebanyakan sudah pada pulang kerumahnya masing-masing, ada kumpulan kumpulan kecil sharing sharing ringan para mastah yang hadir. Selanjutnya eh malah jadi materi ke empat kalau kata teman-teman panitia OMD, om fahmi ngejelasin singkat youtube marketing dan tentang copas technology hihi keren lah pokoknya.

Setelah om fahmi dan kawan kawannya pulang, diruangan hanya sisa kami berempat. Maula, Shandy, Alwin dan Saya. Dari obrol obrol singkat akhirnya berlanjut menjadi materi ke lima, haha. Ada sharing tentang cara cari konten viral dengan graph explorer dari mastah Alwin dan sedikit filsafat design dari mastah maula. Kami pun lelah, dan memutuskan untuk bermalam di code. Sambil bermimpi mau berbuat dan berkarya apalagi kedepannya.

Itulah ceritanya kami punya komunitas internet marketing di Depok. Asyik kan, tambah teman, tambah ilmu. Itulah asyiknya punya komunitas!

1 thought on “Kopdar Perdana Online Marketers Depok”

Leave a Comment