Memperbaiki Error “413 Request Entity Too Large”

Last Updated on

Memperbaiki Error “413 Request Entity Too Large” 1

Apa Yang di Maksud Error “413 Request Entity Too Large”?

Error 413 Request Entity Too Large terjadi ketika ada request client terlalu besar untuk diproses oleh web server. Jika server web anda menentukan batas ukuran HTTP request tertentu, klien mungkin mendapatkan respon “413 Request Entity Too Large”. Contohnya jika ada client yang mencoba upload file besar ke dalam server melalui request HTTP.

Cara Perbaiki nya

Tergantung server web apa yang anda gunakan, silakan lakukan konfigurasi tambahan yang akan dijelaskan dibawah ini untuk mensetting batas ukuran HTTP request maksimum pada web server anda.

Nginx

Pada pengguna Nginx, lakukan konfigurasi pada file configurasi nginx tentukan besaran nilai dari client_max_body_size. Settingan ini mungkin bisa anda temukan di file nginx.conf yang ada di lokasi /etc/nginx/nginx.conf. Atau jika anda tidak menemukannya disana anda bisa tambahkan di http, server dan tentukan nilainya.

server {
    client_max_body_size 100M;
    ...
}

Nilai default untuk satuan ini adalah 1 megabyte (1M). Jika Anda tidak ingin membatasi ukuran permintaan, Anda bisa menetapkan nilainya ke 0 yang artinya tidak terbatas.

Apache

Untuk server web Apache ada arahan serupa yang disebut LimitRequestBody . Arahan ini memberikan fungsionalitas yang sama seperti client_max_body_size Anda dapat membatasi ukuran permintaan HTTP . LimitRequestBody direktif dapat ditemukan dalam file http.conf atau dalam file .htaccess. Nilai default untuk arahan ini di Apache adalah 0, namun, Anda dapat menetapkan nilai ini ke apa pun yang Anda suka (nilai direpresentasikan dalam byte).

Misalnya, jika Anda ingin membatasi permintaan yang lebih besar dari 100MB Anda akan menggunakan yang berikut ini.

LimitRequestBody 104857600

Setelah Anda selesai melakukan perubahan, simpan file konfigurasi dan kembali Apache menggunakan perintah berikut: service apache2 reload.

Konfigurasi Tambahan – Pengguna PHP

Selain memodifikasi arahan yang sesuai pada server web Anda, ada beberapa perubahan lain yang diperlukan untuk pengguna PHP. Pertama, Anda perlu membuka file php.ini biasanya berlokasi di /etc/php7.3/fpm/php.ini (tergantung pada versi PHP Anda). Selanjutnya, Anda perlu menemukan dan mengubah arahan berikut:

  • upload_max_filesize yang menentukan ukuran maksimum yang diizinkan untuk file yang diunggah (standarnya adalah 2MB).
  • post_max_size yang menentukan ukuran maksimum data POST yang akan diterima PHP. Pengaturan ini juga memengaruhi unggahan file (standarnya adalah 8MB).

Setelah arahan di atas dimodifikasi sesuai ukuran permintaan HTTP yang diperbolehkan, selanjutnya simpan konfigurasi dan reload service php-fpm dengan menjalankan perintah berikut: service php7.3-fpm restart.

Referensi:

Leave a Comment