Baca ini Sebelum Kamu Memutuskan Menggunakan Jasa di Gegeriyadi.com

Last updated on July 26, 2020

Banyak sekali calon client yang menanyakan hal ini ketika awal project, baik itu untuk project besar ataupun service receh yang saya sediakan.

“Mas, apakah ini aman terpercaya?"

Karena di service yang saya sediakan membutuhkan info login, pastinya ada serah terima akun login, baik itu berupa login website ataupun login hosting dan juga VPS.

Saya memahami akun login ibarat kunci dari kotak berisi emas yang paling berharga yang Kamu punya, tidak mudah menyerahkan kunci itu ke sembarang orang.

Saya pun mungkin akan menanyakan hal yang sama sebelum saya benar-benar memberikan kunci harta saya kepada orang lain.

Karena di dunia ini ada dua tipe orang, orang baik dan orang jahat. Dan orang jahat bisa bersembunyi dibalik wajah manis yang terlihat baik.

Lantas saya berada diposisi yang mana?

Saya tidak mau narsis dengan menyebut diri saya adalah orang yang baik, lebih tepat jika saya menyebut diri saya adalah orang yang menjaga dedikasi dan reputasi.

Jasa online di halaman service web ini bagi saya adalah jalan saya mencari rizki, sekalipun itu receh, tapi itu tetaplah rizki yang patut disyukuri.

Dan karena itu saya tidak mau merusak jalan rizki saya dengan merusak reputasi yang selama ini saya bangun. Sekecil apapun itu.

Saya hanya bisa memberikan 3 tips yang bisa Kamu lakukan sebelum memakai jasa online dan memberikan akun login kepada orang yang Kamu percayakan, siapapun itu, saya ataupun jasa lain.

1. Cek Testimoni

Kamu bisa cek testimoni nya, apakah ada banyak testimoni positif pengguna jasanya. Dan bisa cek juga list client nya dari mana saja.

Untuk testimoni pengguna jasa gegeriyadi.com saya rangkum didalam instagram gegewebservices, silakan kamu bisa cek.

2. Lakukan Backup Data

Sebelum menyerahkan login web, ada baiknya lakukan backup data website.

Ini sebagai langkah prefentif menjaga salinan data dari web Kamu. Misal ada kasus seperti ini, Kamu sudah mempercayakan kepada orang untuk memperbaiki website, tapi orang tersebut malah memperparah kondisi web, bahkan website tidak bisa dibuka, ketika Kamu cek folder web Kamu kosong karena file web Kamu sudah terhapus, sengaja ataupun tidak disengaja. Dan Kamu coba hubungi orang yang bersangkutan tidak bisa dihubungi.

Hal ini bisa diantisipasi dengan melakukan backup data, dan segera mungkin Kamu bisa perbaiki dengan merestore nya dari salinan data yang Kamu punya.

Cara backup wordpress bisa kamu baca disini.

3. Ganti Password

Langkah terakhir, setelah selesai memakai jasa online, Kamu bisa mengganti password dari login akun nya, sehingga nanti orang yang sebelumnya Kamu serahkan info login nya tidak bisa masuk kembali dikemudian hari.

Ya itu saja mungkin yang bisa saya sampaikan, selanjutnya keputusan ada di tangan Kamu, untuk memutuskan menggunakan jasa saya atau memilih jasa lain. Dan saya menghargai setiap keputusan yang Kamu pilih.