Bangun List Murah Dan Tak Terbatas Dengan Self Hosted Autoresponder

Last Updated on

Jika anda menggeluti dunia internet marketing, khususnya affiliate marketing, sudah seharusnya butuh yang namanya autoresponder untuk keperluan list building. Autoresponder adalah sebuah perangkat software berbasis email yang gunanya sebagai pengirim email otomatis yang dikirim kepada subscribers dalam waktu dan konten yang sudah ditentukan sebelumnya. Autoresponder ini nantinya digunakan sebagai alat promosi personal melalui email, tentu tergolong murah meriah karena bisa digunakan berkelanjutan, dibanding menggunakan promosi melalui PPC atau lainnya.

Autorseponder ini biasanya dipakai seorang product creator dalam mempromosikan product yang akan di launch atau juga digunakan oleh seorang affiliate marketer dalam melakukan promosi product digital terbaru. Autoresponder juga bisa digunakan oleh blogger loh, sebagai alternatif alat komunikasi kepada para pembaca/subscriber blognya.

Beberapa autoresponder yang banyak digunakan oleh para affiliate marketer dunia: yaitu Aweber dan GetResponse. Kali ini saya tidak akan membahas dua penyedia autoresponder besar itu, tetapi saya tertarik untuk menulis tentang self hosted autoresponder.

Selft Hosted Autoresponder

Self hosted Autersponder adalah Email Autoresponder Software yang bisa di install dihosting milik kita sendiri. Kalau dihitung-hitung biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah dari dua autoresponder diatas, karena biaya yang dibayar “one time fee” hanya satu kali bayar ketika membeli softwarenya saja dan tidak berkelanjutan harus bayar setiap bulannya, zero monthly fees.

1. IMSC RapidMailer

imsc rapid mailer self host autoresponder

IMSC RapidMailer, Satu jenis self hosted autoresponder yang baru-baru ini (sekitar maret) dilaunch. Software ini berbasis wordpress. Autoresponder ini sudah saya coba dan gunakan, hasilnya memuaskan, ada beberapa catatan yang akan saya sampaikan dibawah nanti. Proses instalasinya pun mudah, semudah install plugin di wordpress, karena memang software ini diprogram berbentuk plugin wordpress. Proses installasi nya akan saya terangkan dibawah:

Pertama, download pluginnya dimember area, lalu upload ke web wordpress anda (saya sarankan buat wordpress baru dengan subdomain baru), setelah itu activate (anda harus memasukkan user dan activate key)

Kedua, setting SMTP, buat akun di mandrill (alternatif bisa anda gunakan SMTP service lain yang anda inginkan), buat API Key. Lalu masuk ke settingan rapidmailer masukkan username=username mandrill dan password=API Key mandrill

konfigurasi SMTP IMSC Rapid Mailer
klik untuk memperbesar gambar

Lalu test email, jika bisa maka installasi berhasil

Selanjutnya create list, dan setting autorespondernya. Anda bisa memonitoring apakah email terkirim, apakah email dibuka, atau link yang ada diemail di klik setelah kita broadcast bisa dilihat pada dashbroard RapidMailer.

dashboard rapidmailer
klik untuk memperbesar gambar

 

Mudah bukan? saya sendiri tidak sampai 10 menit untuk install autoresponder ini.

2. arpReach

arpreach self host autoresponder

arpReach, self hosted autoresponder kedua ini juga banyak dipakai oleh para master affiliate marketing, saya belum mencobanya tapi saya lihat dari penjelasan mastah beberapa mastah yang memakainya, autoresponder ini bagus sekali. Anda pun bisa mencobanya langsung pada laman demo diweb arpReach. Untuk arpReach ini saya belum bisa mengulasnya karena saya belum memakainya langsung. Hanya saja dari halaman demo yang saya coba autoresponder ini memiliki kelebihan dibanding Rapid Mailer, yaitu bisa mensetting email berseri, sedangkan Rapid Mailer hanya bisa satu email respon saja.

Demikian beberapa alternatif self hosted autoresponder, dan jika anda tidak mau ribet install sana install sini dan tidak punya waktu untuk maintenance nya anda bisa menggunakan Top Autoresponder Services yang sudah terbukti kualitasnya.

Khusus untuk anda yang memakai IMSC Rapid Mailer, jika ada kesulitan dalam konfigurasi, saya bisa bantu untuk settingnya, silakan tinggalkan pesan saja dikotak komentar dibawah. Semoga bermanfaat

1 thought on “Bangun List Murah Dan Tak Terbatas Dengan Self Hosted Autoresponder”

Leave a Comment