SEO Skyscraper: Teknik SEO Super ala Backlinko

SEO Skyscraper

Dalam dunia Digital Marketing ada satu mitos yang diyakini oleh marketer dunia dimanapun dia berada. Mitos itu adalah: Great Content is Enough, maksudnya adalah membuat sebuah konten yang bagus itu sudahlah cukup.

Pada kenyataannya, setelah membuat satu konten yang bagus menurut pemahaman masing-masing. Setelah itu pasrah kepada Search Engine (Google misalnya) untuk memberi penilaian bahwa konten tersebut layak atau tidak menduduki peringkat pertama pencarian. Ternyata usaha tersebut tidaklah cukup, bahkan mustahil.

Perlu beberapa strategi untuk membuat satu konten yang bagus (great content) untuk bisa bersaing menduduki halaman pertama Google.

Salah satunya SEO Skyscraper, bisa dibilang Teknik ini termasuk dalam kategori white hat SEO. Pertama kali di publish oleh pakar SEO white hat luar, Brian Dean, lewat situsnya backlinko.com

Dalam beberapa studi kasusnya dia membuktikan bahwa Strategi SEO ini berhasil mengangkat beberapa konten websitenya merajai pencarian Google.

Brian Dean menjabarkan strateginya dengan bahasa yang mudah dicerna dan mudah dipahami. Ternyata simple loh, dan diyakini siapa saja bisa menerapkannya. Simple stepnya seperti ini:

Step #1 Cari Konten Yang Link-worhty

Untuk memulai kita harus mencari bahasan atau jenis konten apa yang mempunyai peluang mendatangkan banyak link. Brian menyebut ini dengan sebutan “Linkable Asset

Caranya kita bisa mencari beberapa halaman dengan satu kata kunci yang halaman tersebut banyak di link kan oleh situs lainnya.

Hal ini bisa dibantu dengan bantuan spy tools backlink seperti ahrefs, majestic seo dan tools-tools backlink checker lainnya

Gael-Breton-2-site-explorer-ahrefs
Riset top koten kompetitor via ahrefs – klik untuk memperbesar

Jika sudah didapat satu ide tulisan konten apa yang akan dibuat dan kata kunci apa yang diincar selanjutnya menuju ke step berikutnya.

Step #2 buat WOW konten

Jika sudah mendapatkan beberapa bahasan konten yang mendapatkan banyak link di step pertama tadi, sekarang saatnya membuat konten dengan satu topik bahasan tersebut dimana saya menyebutnya ini sebagai WOW konten.

Yang dimaksud WOW konten disini adalah sebuah konten SUPER yang mempunyai nilai lebih dibanding yang lain. Lebih baik bahasannya, lebih lengkap, lebih bernilai, lebih memberikan maanfaat dan lainnya.

Beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk membuat WOW konten:

Buat konten dengan isi yang lebih banyak

Dalam satu study kasus nya dia (Brian) menuliskan tentang 200 Google Ranking Factor, dia bilang kalau buat 50 list itu biasa, 50-100 itu sulit, 100-150 sangat sulit, jika bisa tembus 200 list maka ini akan jadi suatu hal yang tidak mungkin ditiru oleh siapapun. Maka dia memutuskan untuk menulis 200 list atau tidak sama sekali.

200 google ranking factor backlinko

Buat konten dengan isi yang lebih update

Masih di kasus yang sama dalam menulis list ranking factor dia menambahkan beberapa point ranking factor terupdate seperti social signal dan lainnya

Tambahkan sentuhan desain yang lebih menarik

Jika konten yang lain biasa saja, maka kamu harus buat konten milikmu menjadi luar biasa termasuk dari segi desain. Konten yang berisi gambar-gambar dan desain yang menarik tentunya akan bernilai lebih dimata user.

contoh konten dengan desain keren di moz
contoh konten dengan desain keren di moz

Kamu bisa membuat eksperimen user experience yang lebih mudah dan menarik. Memanjakan user dalam hal point ini yang paling ditekankan.

Step #3 promosikan kontenmu
ke orang-orang yang tepat

Ini bagian terpenting, Brian mengibaratkan ini adalah as roda yang akan membuat kendaraan (strategi) ini berjalan dengan baik.

Yaitu memberitahukan orang-orang yang tepat akan keberadaan kontenmu, dan yakinkan jika WOW konten yang kamu buat tadi layak untuk di link kan.

Pertanyaannya sekarang, Bagaimana kontenmu bisa sampai kepada orang-orang yang tepat? Jawabannya lagi-lagi dengan bantuan tools.

Kurang lebih caranya seperti ini:

1. Buka Ahrefs, dan scrap semua backlink yang menuju ke situs kompetitor anda

2. Filter list backlink tersebut, cari tahu contact email setiap web yang ada di list tersebut. kamu bisa mencarinya dengan membuka satu-persatu halaman websitenya, cari halaman contact, biasanya disana berada email yang bisa dihubungi.

3. Kirim email setiap list contact tersebut dengan format dibawah ini

skyscraper-technique-outreach-template-backlinko

Brian mendapatkan 160 contact email dan mengirimkan dengan format seperti diatas. Dan hasilnya hanya 17 orang yang merespon dan memberikan link. Memang dalam hal ini jangan berharap mendapatkan respon yang lebih banyak, karena yang ditekankan disini adalah kualitas link yang diberikan, tingkat relevansi yang tinggi dengan topik bahasan yang kita tulis tentunya akan memberikan power link yang kuat ke halaman website kita.

Di luar sana, ada beberapa case study yang menyatakan strategi ini bekerja dengan baik. Beberapa juga ada yang mengatakan strategi ini tidak berhasil (baca artikelnya diblog ahref). Sekarang waktunya anda untuk membuktikan strategi ini berhasil atau tidak. Cocokkah strategi Skyscraper ini di terapkan di market lokal? Selamat mencoba..

Referensi utama :

Case Study :

Baca juga :

9 thoughts on “SEO Skyscraper: Teknik SEO Super ala Backlinko

  1. waw mantap.. tadi saya juga lagi buka backlinko,, eh nemu pembahasan skyscraper di web om dean.. ga paham tentang itu aakhirnya saya search di google co.id dan nemu blog ini hal 1.. mantappp sekarang sudah jelas dan paham banget.. makasih om gege riyadi.. keep sharing yah..

  2. kalo boleh bertanya, kira-kira apa ada tool yang gratis yang bisa cek link web orang lain ? jika menggunakan alexa link yang dicantumkan hanya 5, sisanya berbayar.

    Mohon pencerahannya.

    Terimakasih

    • Ya kalau mau dapat full report harus pakai yang “premium”, kalau maunya dapat full report tp mau nya yang free nampaknya gak ada.

Leave a Comment