Sistem Manajemen Konten (CMS)

Last Updated on

CMS adalah?” atau “CMS itu apa sih?” sebuah pertanyaan yang saya tanyakan ketika pertama kali belajar membuat website. Saat itu saya belajar dari basic, html css dan javascript. Mungkin anda pun begitu, jika ya makanya anda mencoba mencarinya di mesin pencari dan menemukan blog keren ini :p .

Ketika saya tahu ada tools ajaib yang bisa memudahkan segalanya bernama CMS, saya langsung jatuh cinta. Jika anda baru belajar tentang bagaimana cara membuat website, saya sangat merekomendasikan membuat website dengan CMS. Karena apa? Mari kita simak pembahasan tentang CMS.

CMS adalah

Menurut Wikipedia

Dalam wikipedia dijelaskan CMS adalah singkatan dari Content Management System atau dalam Bahasa Indonesianya Sistem Manajemen Konten merupakan perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web.

Menurut saya

Dalam bahasa sederhana saya, CMS merupakan semacam kumpulan bahasa pemograman yang sudah dikemas menjadi satu perangkat tools yang memudahkan anda dalam pembuatan dan juga pengelolaan sebuah website atau blog.

Jadi sebenarnya web semacam apa yang seharusnya memakai CMS? Menurut saya, web yang butuh dan wajib menggunakan CMS adalah web yang menyuguhkan konten-konen dinamis, seperti web blog, web berita, web media informasi dan web lainnya yang berorientasi pada konten, baik itu artikel, foto dan juga video.

Intinya dengan CMS anda tidak perlu lagi menulis ulang bahsa pemograman untuk membuat sebuah halaman web atau halaman baru, dengan CMS anda bisa dengan mudah mengedit atau memasukkan konten-konten apa yang dibutuhkan oleh website anda.

So, CMS adalah sebuah kemudahan yang diciptakan para programmer untuk kita dalam mengelola web. 🙂

Macam macam CMS

Ada beragam jenis CMS bertebaran, dari yang berbayar maupun yang gratis. Dibawah saya akan sebutkan beberapa CMS yang berstatus open source, bebas anda download dan anda gunakan untuk keperluan web anda. Karena ada begitu banyak jadi saya sebutkan 3 terbaik (versi saya) saja ya 😀

 

WordPress

cms-wordpress

WordPress merupakan sebuah platform CMS untuk blog dan website yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh para pengembang website. Dengan wordpress anda bisa membuat sebuah web blog, web corporate, web portofolio, web online shop dengan beberapa tambahan plugin.

WordPress satu dari sekian CMS yang menurut saya “Easy to Use”. Yup, mudah digunakan. WordPress mudah digunakan bagi siapa saja, bagi level expert ataupun yang masih newbie (baru belajar web).

 

Joomla

cms-joomla

Joomla juga salah satu yang terbaik dari sekian banyak CMS yang ada. Juga memiliki support dan dukungan komunitas yang baik. Joomla menyediakan berbagai macam ekstensi untuk menambah fungsional web site anda.

Bagi saya joomla sedikit rumit, tidak cocok bagi anda yang baru belajar membuat web. Joomla cocok untuk level menengah dan yang sudah sedikit tahu tentang web development.

 

Drupal

cms-drupal

Drupal juga satu CMS yang bagus, tetapi menurut saya cocok digunakan untuk level mahir. Drupal bebas digunakan untuk berbagai macam aplikasi web. Dan drupal juga membebaskan anda mempadupadankan dengan framework yang anda buat sendiri.

Selain yang disebutkan di atas ada banyak sistem manajemen konten populer lainnya seperti:

  • Magento (CMS untuk toko online)
  • Squarespace
  • Wix

Jenis Web Apa Yang Bisa Kita Bangun Dengan Sistem Manajemen Konten?

Sebagian besar sistem manajemen konten saat ini sudah cukup fleksibel. Meskipun ada beberapa yang berfokus pada penggunaan khusus seperti magento untuk e-commerce, sistem manajemen konten populer saat ini bisa digunakan untuk membuat dasar semua jenis situs website.

Contohnya Anda bisa menggunakan CMS WordPress untuk membuat web-web seperti berikut:

  • Situs Web Statis
  • Blog
  • Toko Online
  • Forum
  • Sosial Media
  • Kursus online
  • Situs membership
  • Portofolio
  • Dan masih banyak lagi

Cara Membuat Web dengan Sistem Manajemen Konten

Ingin membangun situs sendiri dengan sistem manajemen konten? Jika demikian proses umumnya kurang lebih seperti berikut:

  • Pertama Anda harus membeli hosting dan nama domain
  • Install sistem manajemen konten pilihan anda di server hosting Anda yang baru dibeli
  • Konfigurasikan sistem manajemen konten untuk menentukan bagaimana situs Anda terlihat dan berfungsi
  • Mulai menulis konten menggunakan interface dari sistem manajemen konten tersebut

Ini sebenarnya sangat sederhana dan banyak hosting bisa membantu memasang sistem manajemen konten yang anda inginkan, misalnya WordPress, sehingga Anda bisa langsung membangun situs web tanpa harus tahu pengaturan teknis apapun.

CMS Rekomendasi Saya

Lalu jenis CMS apa yang saya gunakan? Satu CMS favorit saya yang saya selalu gunakan dalam membuat website adalah WordPress. Kenapa saya begitu cinta terhadap wordpress anda bisa baca ulasan saya tentang 5 alasan mengapa saya memilih wordpress.

Demikian tadi pembahasan tentang CMS semoga kedepan tidak ada lagi yang bertanya “CMS adalah?”.

Semoga bermanfaat. 🙂

6 thoughts on “Sistem Manajemen Konten (CMS)”

  1. CMS memang sangat membantu sekali, terlebih buat yang masih awam tentang membuat website, blog-blog saya banyak pakai CMS WordPress mas, lebih user friendly 😀

Leave a Comment